Ulasan Aplikasi ExpressVPN: Aplikasi VPN Terbaik Walau Harga Cukup Mahal

Diposting pada

ExpressVPN memenuhi kriteria sebagai Aplikasi VPN. Ini jauh lebih mahal daripada beberapa kompetisi, tetapi ini adalah salah satu pemain terbaik dan paling konsisten.

ExpressVPN telah mendesain ulang aplikasinya dan memperkenalkan protokol VPN miliknya sendiri yang disebut Lightway yang menawarkan koneksi dan kecepatan data yang lebih cepat. Ulasan telah diperbarui dengan informasi dan pengujian baru ini.

VPN (jaringan pribadi virtual) hampir menjadi kebutuhan untuk privasi dan keamanan, dan ada banyak keuntungan lain untuk menggunakannya. Banyak yang menganggap ExpressVPN sebagai salah satu yang terbaik, dan saya yakin itu benar ketika saya pertama kali meninjaunya kembali pada tahun 2018. Sekarang menghadapi lebih banyak persaingan, apakah desain yang diubah dan protokol VPN baru membantu menjaga ExpressVPN tetap di atas?

ExpressVPN sangat bagus untuk privasi

VPN itu sendiri dapat melacak beberapa informasi Anda, dan hal semacam itu mengalahkan tujuan sebagian besar pengguna. Untungnya, ExpressVPN adalah salah satu opsi yang lebih baik dalam hal ini. Ini memiliki kebijakan larangan penebangan yang ketat yang memastikan bahwa tidak ada aktivitas atau informasi yang dapat membantu mengidentifikasi pengguna yang dicatat. Itu tidak berarti bahwa semuanya benar-benar anonim.

ExpressVPN menyimpan beberapa informasi pribadi untuk catatan mereka sendiri, seperti alamat email yang digunakan untuk mendaftar dan info pembayaran apa pun. Memang, ada cara untuk mengatasi hal ini. Anda dapat menggunakan akun email palsu atau membayar dengan Bitcoin. Layanan ini juga mencatat koneksi yang berhasil ke server (tetapi bukan alamat IP awal) dan jumlah total data yang ditransfer per hari (tetapi bukan datanya). ExpressVPN mengatakan bahwa ini dikumpulkan untuk meningkatkan layanan mereka dengan lebih baik dan tidak ada yang dapat digunakan untuk melacak aktivitas atau identitas pengguna.

ExpressVPN menjabarkan semuanya dengan jelas dalam kebijakan privasinya. Biasanya merupakan praktik yang baik untuk menemukan dan membaca kebijakan privasi VPN apa pun yang Anda pertimbangkan. Ide bagus lainnya adalah melihat di mana VPN didirikan, karena undang-undang privasi suatu negara, terutama jika itu adalah bagian dari aliansi pengawasan 14-mata, seringkali memainkan peran besar. ExpressVPN berbasis di Kepulauan Virgin Britania Raya, yang merupakan pilihan yang sangat baik untuk perusahaan yang mengutamakan privasi.

Anda mendapatkan fitur keamanan penting, tetapi yang lain menawarkan lebih banyak

ExpressVPN menggunakan protokol OpenVPN dan enkripsi AES-256 untuk menjaga semua data Anda tetap aman. Jika Anda mencari VPN untuk penggunaan pribadi, idealnya ini adalah “minimum” yang ditawarkannya. Perusahaan juga memperkenalkan protokolnya sendiri yang baru-baru ini disebut Lightway. Ini sama amannya dan menawarkan koneksi dan kecepatan unduh yang lebih cepat. ExpressVPN juga tidak memiliki masalah dengan kebocoran IP dan DNS saat saya mengujinya.

Fitur kunci lain yang harus Anda cari adalah sakelar mematikan, atau Kunci Jaringan dalam hal ini. Ini pada dasarnya membunuh koneksi Internet dan transfer data apa pun jika koneksi VPN turun karena alasan apa pun. Dengan begitu, Anda tidak secara tidak sadar mentransfer info apa pun selama koneksi ulang. Fitur ini sangat berguna beberapa waktu lalu, karena koneksi terputus digunakan untuk masalah.

Ini bukan masalah lagi, tetapi sakelar mematikan masih berguna untuk dimiliki. Namun, sesuatu yang perlu diingat adalah bahwa saat Anda mendapatkan fitur ini di aplikasi desktop dan Android, fitur ini belum tersedia di iOS. Jika tombol pemutus harus dimiliki, sebagaimana mestinya, Anda harus mencari opsi VPN lain.

ExpressVPN mencakup hampir semua yang Anda perlukan untuk menjaga keamanan informasi Anda, tetapi yang lain memiliki lebih banyak fitur keamanan yang mungkin menarik bagi Anda. Beberapa layanan dilengkapi dengan pemblokir iklan bawaan, beberapa bahkan dilengkapi dengan kemampuan anti-malware, dan yang lainnya memungkinkan Anda menggunakan server hopping untuk keamanan ekstra. Intinya adalah bahwa meskipun Express mencakup “dasar”, ada VPN pesaing di luar sana yang menawarkan lebih banyak.

Aplikasi menjadi lebih baik, tetapi beberapa masalah tetap ada

Pertama kabar baik. Anda dapat menggunakan ExpressVPN di hampir semua perangkat. Ada aplikasi seluler dan desktop, termasuk sistem Linux dan Chromebook. Anda dapat mengaturnya di router Wi-Fi, atau menggunakan ekstensi browser. Anda bahkan dapat menggunakan ExpressVPN pada pembaca eBook tertentu, semua konsol game, banyak TV pintar, dan sebagian besar perangkat streaming.

Pada dasarnya, Anda akan dapat menggunakan ExpressVPN pada perangkat utama apa pun, bahkan jika Anda mungkin harus melewati beberapa rintangan pengaturan manual untuk beberapa perangkat. Tentu saja, itu hanya memungkinkan lima koneksi simultan, yang tidak banyak jika Anda ingin melindungi semuanya. Kata kuncinya adalah simultan, sehingga Anda dapat memutuskan perangkat sesuai kebutuhan. Anda juga bisa mendapatkan router Wi-Fi VPN untuk mengatasi masalah ini.

Mampu menggunakannya di perangkat apa pun sangat fantastis. Desain baru ini sedikit lebih mencolok dari sebelumnya, tetapi tidak membuat perbedaan besar. Aplikasi Windows masih membutuhkan beberapa pekerjaan. Meskipun saya tidak lagi menghadapi masalah dengan koneksi yang terputus, aplikasi terkadang hang. Ini terjadi terutama ketika laptop dalam mode tidur. Jika VPN masih terhubung saat perangkat dalam mode tidur, VPN akan macet saat saya membangunkan sistem. Hampir tidak mungkin untuk membuat kembali koneksi, dan saya perlu me-restart komputer untuk memperbaikinya.

Alat peraga harus diberikan di tempat yang seharusnya. ExpressVPN melakukan pekerjaan yang baik dengan memperbarui aplikasinya secara teratur, dan sebagian besar bug yang saya temui akhirnya diperbaiki. Saya juga sama sekali tidak menghadapi masalah dalam hal layanan. Koneksi stabil dengan jarang ada penurunan. Tombol pemutus berfungsi seperti yang diharapkan, meskipun tidak terlalu dibutuhkan. Antarmuka pengguna juga sangat sederhana dan sebagian besar identik di seluruh perangkat, jadi tidak ada kurva belajar dengan aplikasi ini.

Lightway sangat mengesankan

ExpressVPN terus menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat, dan yang lebih penting, konsisten. Jika Anda melihat hasil tes kecepatan, Anda akan melihat bahwa penurunan kecepatan hampir sama di seluruh papan, terlepas dari server mana saya terhubung.

Terakhir kali saya memperbarui ulasan ExpressVPN ini, saya tidak begitu terkesan dengan kecepatan datanya. Itu masih merupakan layanan VPN paling konsisten yang saya gunakan, tetapi saya memang melihat penurunan kecepatan data yang tidak terduga. ExpressVPN sangat membantu dalam memecahkan masalah ini dengan diperkenalkannya protokol VPN yang disebut Lightway. Saat ini masih merupakan opsi pratinjau, jadi ada beberapa masalah yang harus diselesaikan. Tetapi ketika berhasil, itu bekerja dengan sangat baik.

Kecepatan data kembali ke level yang saya harapkan. Masih ada penurunan 50% -60% dalam kasus saya, tetapi itu akan mendekati kecepatan sebenarnya jika Anda memiliki koneksi Internet yang lebih lambat. Dan pada kecepatan yang saya dapatkan, penurunan 50% pun cukup cepat untuk melakukan semua yang ingin saya lakukan. Lightway juga memotong waktu koneksi dengan margin yang sangat besar. Sudah dari 8 menjadi 10 detik untuk terhubung ke server menjadi hanya beberapa detik atau lebih cepat kali ini.

“ExpressVPN bukan hanya yang paling konsisten, tetapi juga salah satu yang tercepat.”

Saya akan menjadi orang pertama yang mengakui bahwa hasil tes kecepatan ini tidak ilmiah, tetapi hanya untuk memberikan gambaran tentang apa yang dapat Anda harapkan. Masalah dengan menemukan skor objektif adalah bahwa hasil dapat berfluktuasi secara signifikan dari pengguna ke pengguna, tergantung di mana Anda berada, server memuat pada saat pengujian, dan banyak faktor lainnya. Saya menjalankan tes pada waktu yang berbeda dan memilih batch yang sesuai dengan rata-rata.

Ada juga sesuatu yang baik tentu saja — konsistensi. Karena kecepatan jaringan saya cukup bagus, bahkan penurunan yang layak tidak mengganggu pengalaman penggunaan saya. Itu juga dekat di seluruh papan, terlepas dari server mana saya terhubung, kecuali untuk lokasi yang sangat jauh.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah VPN tepat untuk Anda adalah dengan menggunakannya untuk sementara waktu. ExpressVPN tidak menawarkan uji coba gratis dalam bentuk apa pun, tetapi Anda dapat memanfaatkan jaminan uang kembali tanpa pertanyaan selama 30 hari.

Apakah ExpressVPN masih sepadan dengan harganya?

ExpressVPN memiliki banyak hal untuk itu. Ini memberikan semua yang Anda harapkan terkait privasi dan keamanan. Dengan lebih dari 3.000 server di 94 negara dan 160 kota, Anda tidak akan kesulitan terhubung. Ini adalah opsi yang sangat baik jika Anda berencana menggunakan VPN untuk menghindari pembatasan geolokasi atau torrent. Anda juga mendapatkan layanan pelanggan yang baik dengan live chat 24/7.

Konon, ExpressVPN juga merupakan salah satu opsi paling mahal dengan biaya bulanan $12,95 atau paket tahunan $99,95. Ada banyak layanan VPN yang terjangkau di luar sana, dan beberapa bahkan menawarkan lebih banyak.

Saya masih berpikir bahwa ExpressVPN sepadan dan tetap menjadi layanan VPN pilihan saya. Saya telah menguji dan meninjau beberapa VPN dan inilah VPN yang selalu saya kunjungi kembali. Namun, ExpressVPN telah berubah dari yang teratas menjadi salah satu dari banyak layanan premium yang tersedia saat ini.