Daftar 5 Aplikasi Cloud Storage untuk Android yang Harus Anda Pertimbangkan

Diposting pada

Mengelola ruang penyimpanan di smartphone atau tablet Android Anda bisa jadi membosankan. Intalasi Aplikasi bersaing dengan foto, video, dan dokumen lain untuk mendapatkan ruang, dan game menghabiskan lebih banyak penyimpanan karena semakin terlibat dan terlihat lebih baik. Kehabisan ruang di ponsel atau tablet Anda adalah masalah umum, dan menemukan cloud storage terbaik untuk Android bisa jadi rumit.

Namun, kami telah melakukan percobaan terhadap beberapa cloud storage untuk penggunaan pribadi di Android di bawah ini yang bisa dijadikan referensi oleh anda dalam menentukan cloud storage mana yang akan digunakan.

Fitur terpenting yang kami cari saat memutuskan cloud storage terbaik untuk Android adalah keamanan. Baik Anda menyimpan foto dan video keluarga, akta kelahiran, atau bahkan hanya perpustakaan meme Anda, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa ada sesuatu yang menghalangi antara pengguna yang tidak sah dan konten pribadi Anda.

Selain keamanan, kami ingin memastikan bahwa semua opsi cloud storage kami memiliki fitur seperti berbagi tautan dan pengaturan folder sehingga dokumen Anda mudah ditemukan dan foto Anda mudah dibagikan dengan teman dan orang terkasih. Aplikasi ini juga harus mudah digunakan sehingga siapa pun dapat mengambilnya dan memiliki gagasan yang cukup bagus tentang cara kerjanya.

Dan berikut adalah daftar 5 Cloud Storage yang bisa anda gunakan sebagai solusi keterbatasan ruang penyimpanan di Smarthphone/Table Anda :

1. Google Drive

Dalam hal memberikan pengalaman cloud storage yang lancar kepada pengguna Android, sulit untuk mengalahkan Google Drive, salah satu opsi cloud storage paling populer yang tersedia. Siapa saja yang memiliki akun gratis memiliki akses ke 15GB ruang penyimpanan Google Drive dan cadangan foto tanpa batas melalui Google Foto, selama Anda setuju dengan foto Anda yang dikurangi menjadi 16MP.

Akun Google gratis Anda juga menyertakan Google Documents sehingga Anda dapat membuat, mengedit, dan berbagi dokumen langsung dari Google Drive. Berbagi file dengan keluarga dan teman semudah mengirimi mereka tautan (Google Drive adalah salah satu cloud storage terbaik kami untuk pilihan keluarga). Anda juga dapat mengatur parameter untuk tautan Anda untuk mengontrol seberapa banyak akses yang dimiliki orang lain ke file Anda.

Google memiliki otentikasi dua faktor (2FA), yang melindungi akun Anda jika seseorang memiliki akses ke kata sandi Anda dengan meminta Anda memasukkan kode yang dikirimkan Google kepada Anda.

Sayangnya, Google tidak menggunakan zero-knowledge encryption, meskipun itu tidak menjadi masalah besar karena Anda dapat menggunakan Boxcryptor untuk zero-knowledge encryption ke drive Anda.

Bersamaan dengan paket cloud storage 15GB gratis, Google menawarkan tiga paket standar lainnya, dengan penyimpanan 100GB, 200GB, dan 2TB. Setiap paket berharga kurang dari $10 per bulan sehingga harga tersebut masih terhitung murah dibanding ruang penyimpanan yang ditawarkan.

Dari hasil percobaan kami, Google Drive merupakan cloud storage gratis terbaik untuk Android karena banyaknya ruang penyimpanan gratis dan cadangan foto tanpa batas.

Aplikasi Google Drive memiliki banyak fitur, yang terdapat baik di bagian bawah layar maupun di menu geser di sebelah kiri aplikasi. Menggunakan aplikasi sangat mudah karena menyerupai banyak aplikasi manajemen file, meskipun menemukan semua fitur dan pengaturan dapat memakan sedikit waktu.

2. Sync.com

Sync.com telah mendapatkan banyak ulasan positif sebagai penyedia cloud storage dan menjadi alternatif terbaik selain google drive. Sync.com menawarkan beberapa paket penyimpanan terbaik yang tersedia, mulai dari $6 untuk 1TB untuk paket bisnis Standar, dan memiliki paket 5GB gratis yang dapat Anda gunakan sebagai uji coba.

Bersama dengan opsi penyimpanan online yang hebat, Sync.com melindungi dokumen Anda dengan zero-knowledge encryption dan 2FA (ini juga cloud storage terenkripsi terbaik kami).

Penggunaan Sync.com sangat mudah di Android. Antarmukanya mudah dinavigasi, dan menyimpan serta mengakses dokumen Anda sangat mudah. Karena fokus pada keamanan, Sync.com tidak menawarkan kompatibilitas dengan aplikasi pihak ketiga, yang layak dikorbankan jika Anda perlu menyimpan file sensitif.

Sync.com juga memudahkan untuk berbagi dan mengelola tautan sehingga Anda dapat mengontrol siapa yang memiliki akses ke file Anda. Anda bahkan dapat menghapus tautan jika Anda tidak ingin lagi berbagi file. Tautan dapat dibuat dan dibagikan untuk file atau folder apa pun yang disimpan dengan Sync.com. Anda juga dapat mengatur kata sandi pada tautan untuk memastikan bahwa file Anda hanya diakses oleh orang yang memiliki kata sandi.

3. Icedrive

Icedrive diluncurkan pada tahun 2019, tetapi sudah menerapkan beberapa fitur keamanan yang menarik, yang juga, mengingat bagaimana ia telah mencap dirinya sebagai layanan cloud storage yang sangat aman. Lihat penjelasan situs web tentang enkripsi Icedrive dan Anda dapat mengatakan bahwa itu berarti bisnis.

Fitur keamanan yang nyata dalam Icedrive adalah penggunaan algoritma enkripsi Twofish melalui AES. Twofish sebenarnya adalah finalis dalam kontes Advanced Encryption Standard dan akhirnya tidak terpilih, meskipun Icedrive mengklaim bahwa Twofish diterima secara luas oleh kriptografer sebagai lebih aman daripada AES.

Meskipun Icedrive memberikan banyak perlindungan untuk file Anda, ia tidak memiliki 2FA dan sebagian besar enkripsi Icedrive, seperti nol pengetahuan, terkunci di balik paywall. Namun, paket gratis Icedrive memulai Anda dengan 10GB, yang ada di sana ketika Anda membandingkannya dengan banyak paket penyimpanan gratis lainnya.

Icedrive memiliki tiga paket tambahan selain dari paket gratis, termasuk paket 1TB hanya dengan $4,99 per bulan. Perlu dicatat bahwa meningkatkan ke paket premium apa pun juga membuka kunci semua fitur keamanan yang ditawarkan Icedrive, yang tidak terlalu buruk mengingat paket termurah adalah $ 1,99 per bulan, meskipun itu hanya memberi Anda penyimpanan 150GB.

Icedrive memiliki UI yang mudah dinavigasi serta mode gelap yang bagus yang membuat aplikasi lebih mudah dilihat. Selain mode gelap, Icedrive akan langsung familiar karena memiliki tampilan umum yang sama dengan sebagian besar aplikasi cloud storage lainnya di daftar kami.

Icedrive memungkinkan Anda untuk berbagi dan mengelola tautan, meskipun sebagian besar fitur berbagi mengharuskan Anda untuk meningkatkan ke akun premium. Mengelola tautan juga tidak seintuitif Sync.com, mengharuskan Anda untuk menemukan file yang dibagikan dan kemudian mengelola tautan Anda dari opsi file.

4. Microsoft OneDrive

OneDrive adalah jawaban Microsoft untuk cloud storage dan berada di urutan keempat dalam daftar. OneDrive bekerja dengan baik dengan produk Microsoft Office, dan paket berbayarnya dibundel dengan Office 365. Seperti Google Drive, Anda dapat mencadangkan foto secara otomatis, meskipun setiap foto diperhitungkan dalam penyimpanan Anda.

Anda mendapatkan cloud storage gratis sebesar 5GB, yang dapat ditingkatkan menjadi 100GB atau 1TB. Paket 1 TB disebut Office 365 Personal dan mencakup akses ke Microsoft Word, PowerPoint, dan Excel di ponsel atau perangkat tablet Android Anda, serta perangkat lainnya.

Microsoft memiliki paket lain yang disebut Office 365 Home yang mencakup semua fitur Personal tetapi dapat digunakan hingga enam orang.

Office 365 Home bekerja dengan baik untuk keluarga karena setiap orang mendapatkan penyimpanan 1TB mereka sendiri di cloud — ditambah akses ke Office untuk sekolah atau kantor — semuanya dengan $9,99 per bulan. OneDrive juga lintas platform, jadi meskipun Anda memiliki pengguna iPhone di rumah, mereka tetap dapat memanfaatkan semua manfaat Office 365.

Aplikasi OneDrive cepat dan mudah digunakan, dengan pintasan praktis di bagian bawah untuk file, file bersama, dan foto. UI menggunakan folder dan tidak terlalu berbeda dari pengelola file default untuk Android. Juga terselip di foto adalah opsi untuk mengaktifkan pengunggahan foto secara otomatis dari perangkat Anda.

5. Dropbox

Dropbox adalah nenek moyang dari layanan cloud storage dan telah ada sejak 2007. Meskipun Dropbox memiliki keamanan yang baik, Dropbox berpartisipasi dalam PRISM, program pengawasan rahasia pemerintah, dan juga mengalami pelanggaran pada tahun 2012 ketika jutaan kata sandi dicuri.

Dropbox telah meningkatkan keamanannya sejak saat itu, tetapi kami menyarankan untuk menggunakan Boxcryptor dengan Dropbox untuk mengamankan file Anda karena tidak memiliki enkripsi tanpa pengetahuan, meskipun Anda dapat mengaktifkan 2FA. Jika Anda penasaran tentang Dropbox dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang keamanannya, baca ulasan lengkap Dropbox kami untuk melihat secara mendalam pro dan kontra.

Selain keamanan, Dropbox memiliki beberapa alasan kuat untuk mencobanya. Dropbox kompatibel dengan Office Online, sehingga Anda dapat membuat dan mengedit dokumen di awan, serta mengedit dokumen yang diunggah sebelumnya. Dropbox memungkinkan Anda berbagi file melalui tautan. Anda juga dapat mengelola pengaturan tautan, meskipun memerlukan peningkatan ke paket berbayar.

Harganya kurang kompetitif, meskipun paket Dropbox berkisar dari 1TB hingga penyimpanan tak terbatas, yang bagus untuk bisnis dan pengguna dengan persyaratan penyimpanan besar. Dropbox juga memiliki paket gratis yang memberi Anda penyimpanan 2GB, kurang dari banyak penyedia cloud storage lain dalam daftar ini, tetapi cukup untuk menguji layanan sebelum Anda membeli.

Aplikasi Dropbox itu sendiri mirip dengan yang lainnya. Anda dapat mengunggah, memindai, dan membuat dokumen. UI mudah dinavigasi, dan fitur mudah ditemukan. Satu hal yang kurang di UI adalah tab tautan, sesuatu yang dapat ditemukan dengan aplikasi Sync.com, antara lain pada daftar.