Daftar 10 Layanan Cloud Server Terbaik Untuk Membuat dan Mengembangkan Aplikasi

Diposting pada

Artikel ini akan membahas sepuluh cloud server terbaik untuk aplikasi seluler dan web. Ini akan mencakup IaaS, PaaS, dan BaaS, sehingga Anda dapat memiliki fleksibilitas dalam memilih tingkat layanan nilai tambah yang Anda inginkan.

Berikut adalah 10 cloud server terbaik yang tersedia untuk developer aplikasi saat ini, memastikan skalabilitas dan fleksibilitas tinggi dalam proses pembuatan aplikasi.

Google App Engine

Salah satu penawaran paling serbaguna dan andal dalam daftar ini, GAE adalah Google’s cloud computing platform as a service (PaaS) yang menawarkan untuk mengembangkan dan menghosting aplikasi web di pusat data yang dikelola oleh Google.

Sebagai developer, Anda mendapatkan platform tanpa server yang terkelola sepenuhnya yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi yang sangat skalabel tanpa harus mengelola apa pun di backend.

Developer dapat mulai membangun GAE dalam bahasa pengembangan pilihan mereka karena memperluas dukungan untuk semua yang populer, atau mereka juga dapat membawa runtime dan kerangka kerja mereka sendiri.

Tanpa perlu fokus pada backend, developer Anda dapat fokus pada peningkatan kode, mengelola sumber daya dari CLI yang kuat, men-debug kode sumber, dan menjalankan backend API dengan mudah.

Firebase

Didukung oleh Google, Firebase pada dasarnya adalah salah satu platform paling populer untuk mengembangkan dan menerapkan aplikasi seluler dan web.

Ini menawarkan salah satu daftar alat komputasi dan pengembangan terlengkap yang akan membantu Anda sepanjang perjalanan pengembangan aplikasi Anda.

Oleh karena itu, Anda juga mendapatkan alat untuk pelacakan, analitik, laporan kerusakan aplikasi, pengujian A/B, dll., yang dapat digunakan oleh developer untuk meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi mereka.

Salah satu fitur yang menonjol adalah database real-time, yang pada dasarnya mengikuti protokol dokumen JSON untuk menyimpan dan menyinkronkan data antara pengguna dan cloud.

Selain itu, ia dikirimkan dengan SDK web dan seluler, memungkinkan Anda membuat aplikasi tanpa memerlukan server. SDK ini membuat cache lokal saat pengguna Anda offline, yang disinkronkan saat mereka online.

Heroku

Heroku adalah salah satu implementasi Platform-as-a-Service tertua yang tersedia untuk developer, menawarkan sejumlah besar alat dan layanan untuk membangun dan menyebarkan aplikasi sepenuhnya di cloud.

Heroku adalah platform terkelola sepenuhnya yang menangani patching dan upgrade kode, failover, sistem build, operasi dan keamanan 24/7, dll., sehingga tim developer Anda dapat fokus pada peningkatan pengalaman pengguna pada aplikasi.

Heroku secara native mendukung beberapa bahasa dan kerangka kerja developer populer, termasuk Java, Python, PHP, Ruby, Node.js, Clojure, Scala, Go, dll.

Ini mengikuti model berbasis container, artinya aplikasi Anda berjalan di dalam smart container yang terisolasi di runtime environment yang terkelola sepenuhnya. Penskalaan ditangani dengan menambahkan lebih banyak container (disebut Dynos) ke stack aplikasi, menjaga performa tetap konsisten saat terjadi lonjakan lalu lintas.

Selain itu, Anda mendapatkan pemantauan throughput, penggunaan sumber daya, waktu respons, dll.

Back4app

Back4app adalah penyedia cloud server yang sangat populer, menawarkan developer backend skalabel kode rendah untuk menyimpan dan menanyakan data relasional untuk aplikasi modern di cloud yang dapat diakses melalui GraphQL dan REST.

Ini adalah platform open-source yang menawarkan beberapa fitur, termasuk penyimpanan data relasional, API, fungsi kode cloud, otentikasi, penyimpanan file, dan notifikasi push.

Untuk hosting aplikasi seluler dan web, ini ditawarkan sebagai implementasi Backend as a Service (BaaS), memungkinkan developer untuk membangun dan mengelola aplikasi dengan mudah.

Layanan kaya fitur menyinkronkan data antara aplikasi dan cloud Anda, yang, bersama dengan Live Query, memungkinkan pengguna menangani manajemen data real-time dengan mudah.

Back4app menawarkan dua jenis layanan, shared hosting dan dedicated hosting. Juga, dukungan pelanggan yang dibuat khusus tersedia 24/7.

Digital Ocean

Meskipun tidak sebesar beberapa nama lain dalam daftar ini, Digital Ocean adalah salah satu platform cloud hosting paling populer.

Salah satu alasan utama popularitas ini adalah biayanya yang rendah, karena Anda dapat menyiapkan mesin virtual dasar hanya dengan $5 per bulan. Mereka juga memiliki beberapa layanan yang paling banyak diminta yang ditawarkan, termasuk Kubernetes, load balancing, penyimpanan objek, database, dll.

Ketika basis pengguna Anda di Digital Ocean bertambah, harga yang dapat diprediksi berarti komputasi cloud tetap terjangkau. Paket cloud hosting mulai dari $5 per bulan dan Anda mendapatkan kredit gratis sebesar $100 untuk memulai.

Platform ini didukung oleh komunitas yang kuat dan suportif yang akan membantu Anda mempelajari konsep baru dan memulai dengan bahasa pemrograman dan kerangka kerja untuk proyek Anda. Ini juga mendukung berbagai integrasi pihak ketiga untuk fungsionalitas tambahan.

Ini adalah layanan cloud hosting yang bagus dan Anda harus mencobanya.

AWS

Amazon Web Services mungkin adalah salah satu platform komputasi cloud paling populer. Ini memberikan beberapa solusi pro-level untuk daya komputasi, CDN, database, dll., yang dapat dimanfaatkan untuk membangun, menyebarkan, dan menskalakan aplikasi yang sangat dinamis dengan kemampuan tingkat lanjut.

Bergantung pada persyaratan proyek, Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa solusi untuk memberi daya dan menjalankan aplikasi Anda di cloud.

Selain itu, Anda dapat mengintegrasikan beberapa layanan dari AWS seperti EC2, S3, Lambda, Amplify, dll., satu sama lain dan meningkatkan kinerja aplikasi Anda yang dihosting di server data yang dikelola oleh Amazon.

Ini tersedia di 25 lokasi geografis, dengan 21 lebih banyak zona ketersediaan di jalur pipa.

Backendless

Dipasarkan sebagai platform pengembangan aplikasi visual, Backendless adalah pembuat aplikasi full-stack tanpa kode dengan backend tanpa server yang dapat diskalakan tanpa batas.

Ini menawarkan sejumlah besar solusi, termasuk layanan API, pembangun UI, notifikasi push, dll. Ini adalah solusi yang sangat intuitif untuk developer baru yang dapat menggunakan platform untuk meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi mereka.

Tema UI, CSS/LESS UI builder menawarkan fleksibilitas yang luas dalam mendesain aplikasi Anda persis seperti yang Anda inginkan, dengan kontrol penuh atas tampilan dan nuansa aplikasi. Anda dapat mengelola data Anda dengan browser grafis dan pencarian dan relasi berbasis SQL.

Linode

Linode sangat populer di kalangan developer Android karena menawarkan hosting web bersama dengan paket cloud VPS yang didukung oleh server Linux.

Ini memiliki sembilan pusat data global di tiga wilayah dan menawarkan pilihan alat yang membantu developer menghitung, menyimpan, dan jaringan dengan mudah.

Ditawarkan sebagai Infrastructure as a Solution (IaaS), Linode sangat mudah untuk memulai. Linode Kubernetes Engine adalah fitur khusus yang memungkinkan developer menerapkan dan mengelola aplikasi dan beban kerja dalam container.

Dengan API berfitur lengkap, ini memberikan kontrol terprogram atas infrastruktur Anda; CLI yang kuat memberikan kontrol luar biasa atas sumber daya; antarmuka pengelola cloud yang intuitif memudahkan developer untuk mengeluarkan produk mereka dari mesin produksi.

Layanan cloud hosting mulai dari $5 per bulan dan Anda bisa mendapatkan kredit gratis sebesar $100 untuk memulai.

Azure

Platform Microsoft Azure adalah salah satu dari tiga platform komputasi cloud teratas yang paling banyak digunakan dengan serangkaian penawaran produk yang komprehensif, termasuk perangkat lunaknya sendiri seperti IIS, Exchange Server, MS SQL, dll.

Ini menawarkan portofolio Infrastructure as a Service (IaaS) yang kuat dengan fitur Platform as a Service (PaaS) untuk Windows dan Linux. Developer dapat membuat VM dalam hitungan detik untuk membuat aplikasi tingkat enterprise yang sangat skalabel dan serbaguna dengan kinerja terdepan di industri.

Azure adalah pilihan hosting cloud server yang populer di antara developer yang berfokus pada tumpukan teknologi Microsoft, tetapi juga menyediakan dukungan ekstensif untuk tumpukan aplikasi Linux. Selain itu, Anda dapat membuat docker file image Anda sendiri dan menerapkannya untuk kontrol yang lebih baik atas proses pengembangan.

UpCloud

Dilabeli sebagai platform cloud tingkat perusahaan, UpCloud adalah platform komputasi dan hosting cloud yang sangat populer yang memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi bisnis yang penting.

Ini terutama disukai oleh developer karena layanan yang dapat diandalkan secara konsisten menggunakan penyimpanan blok MaxIOPS yang dapat diskalakan, yang lebih baik untuk aplikasi kelas bisnis dibandingkan dengan SSD standar.

Selain itu, database terkelola dan self-service private cloud memastikan kinerja tinggi dan SLA uptime 100% sambil menghilangkan kerumitan dalam memelihara server backend.

Anda dapat dengan mudah menambahkan lebih banyak sumber daya, seperti CPU dan penyimpanan, dengan satu klik, karena UpCloud langsung terhubung ke infrastruktur cloud Anda yang ada.

Kesimpulan

Cloud hosting memberikan beberapa keunggulan berbeda dibandingkan hosting server lokal tradisional.

Server cloud tidak hanya meningkatkan kecepatan dan kinerja aplikasi Anda, tetapi juga lebih baik untuk keamanan dan mencegah redundansi data.

Daftar di atas akan membantu Anda memulai di cloud server jika Anda sedang dalam perjalanan untuk memutuskannya sendiri.