Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus di Android Terbaru

Diposting pada

 

 

Smartphone sudah menjadi barang yang sangat penting saat ini. Hampir semua aktivitas dapat dilakukan dan dipermudah dengan adanya objek ini. Misalnya dalam hal komunikasi, belajar menyimpan berbagai file, baik foto, video maupun dokumen.

Pastinya ada file yang kamu simpan di smartphone Android kamu kan? Jadi ketika ada file sampah atau sudah tidak penting lagi, biasanya kita hapus file tersebut. Selain tidak digunakan, menghapus file-file tersebut tentunya akan membuat ruang penyimpanan menjadi lebih lega.

Namun terkadang proses penghapusan file sampah tidak sesuai dengan yang diinginkan, karena ada file yang tidak bisa dihapus dari kartu memori. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi ternyata ada cukup banyak file yang tidak bisa dihapus dengan ukuran ratusan MB per file.

Penyebab Tidak dapat menghapus file
Kenapa filenya tidak bisa di hapus? mungkin itu pertanyaan anda. Sebenarnya kita tidak bisa melihat dari satu sisi saja yaitu file yang corrupt, karena ada beberapa penyebab lainnya, antara lain:

1. Android tidak mengizinkan, hal ini dikarenakan file tersebut dianggap sangat penting sehingga jika dihapus akan menghambat kinerja ponsel.

2. File sedang aktif, jika ada file, foto atau video dan folder yang masih berjalan, maka file tersebut tidak dapat dihapus.

3. File tidak jelas, Anda mungkin pernah melihat file dengan nama yang tidak jelas, seperti kombinasi huruf dan angka. Nah, file ini tidak bisa dihapus. Sebenarnya ada kaitannya dengan poin pertama dimana ponsel tidak diperbolehkan karena dianggap file penting.

Cara menghapus file pemulihan di Android
Jika Anda memiliki file foto dan video yang tidak dapat dihapus dari galeri atau kartu SD Anda, tidak ada salahnya mencoba beberapa solusi di bawah ini.

Berharap file jahat hilang dari penyimpanan telepon.

1. Hapus file melalui PC atau laptop

Solusi pertama adalah dengan bantuan PC untuk menangani file yang tidak dapat dihapus. Cara ini bisa dikatakan paling ampuh karena dapat menghapus file yang ada di SD card dan juga memori internal.

Hal ini dapat dilakukan karena komputer atau laptop biasanya memiliki akses yang berbeda dengan ponsel.

Begitulah:

  •     Nyalakan komputer atau laptop Anda.
  •     Setelah itu, sambungkan ponsel Android ke komputer dengan kabel USB.
  •     Biarkan komputer mendeteksi perangkat Android Anda.
  •     Jika sudah, buka pengontrol penyimpanan Android, cari file yang ingin Anda hapus.
  •     Klik kanan pada file dan pilih Hapus.
  •     Jika ada peringatan, pilih saja Yes.

Nah, biasanya file tersebut akan langsung terhapus.

2. Berhenti menjalankan aplikasi

Nah, ini mungkin masalah yang jarang disadari oleh pengguna ponsel Android. Dimana menghapus file, foto atau video yang sedang berjalan tidak akan berhasil dan pastinya smartphone akan membatalkan proses tersebut.

Jadi jika ingin menghapus file, pastikan datanya tidak sedang berjalan atau sedang digunakan. Misalnya, Anda membuka foto A melalui galeri, lalu membuka File Manager dan mencoba menghapus foto A.

Maka foto tersebut tidak dapat dihapus. Untuk itu, tutup foto yang sedang terbuka, lalu ulangi proses penghapusan.

3. Gunakan aplikasi Pembersih Kartu SD

Jika kedua cara di atas masih tidak berhasil, coba solusi ketiga ini yaitu dengan mengambil bantuan aplikasi pihak ketiga bernama SDcard Cleaner.

File yang sulit dihapus ini biasanya berupa file yang rusak atau file kesalahan. Nah, aplikasi ini akan membantu Anda mengatasinya.

  •     Pertama buka Playstore lalu instal aplikasi SDcard Cleaner.
  •     Kemudian buka aplikasi. Di layar beranda, cukup ketuk tombol Beranda, aplikasi akan memindai file di telepon.
  •     Jika Anda telah memilih file yang menurut Anda tidak penting, ketuk ikon tempat sampah untuk menghapusnya.
  •     Jika ada notifikasi, pilih saja OK.
  •     Selesai.

Anda bisa mengulangi cara ini beberapa kali agar file sampah benar-benar hilang.

4. Cadangkan dan Format

Jika masih tidak berhasil, upaya terakhir adalah memformat kartu SD atau me-restart telepon. Sangat ekstrim memang, namun hal ini tidak menjadi masalah jika sebelum memformat SD card Anda sudah melakukan backup semua data yang ada di handphone.

Anda dapat mencadangkan file ke laptop, cloud, atau Google Drive, di mana file tidak akan hilang meskipun diformat. Jika sudah, Anda bisa memulai proses memformat kartu memori.