Adobe Creative Cloud Express – Jadilah Desainer Grafis Layaknya Seorang Professional

Diposting pada

“Digital adalah standar baru. Semuanya terjadi di layar,” Klaim Adobe. Mungkin tidak semuanya, tetapi dengan alat yang tajam seperti Creative Cloud Express, bahkan non-desainer dapat membuat grafik berbasis layar, multimedia, dan sosial lebih cepat dan, yang paling penting, lebih baik. Aplikasi berbasis web baru dari perusahaan perangkat lunak desain grafis, aplikasi berbasis template akan memenuhi kebutuhan banyak orang yang ingin mencoba desain sendiri atau tidak mampu membeli layanan desain profesional yang dipesan lebih dahulu.

Adobe Creative Cloud Express menggantikan produk Adobe Spark (meskipun aplikasi Spark Video dan Spark Web tetap ada). Ini bersaing dengan produk sederhana berbasis template lainnya seperti Canva. Manfaat utama Express adalah memiliki akses ke pustaka Creative Cloud Anda serta kolaborasi suite dan berbagi fitur.

Berapa Biaya Adobe Creative Cloud Express?

Creative Cloud menggunakan model freemium. Anda dapat menggunakan produk secara gratis, tetapi Anda mendapatkan lebih banyak fitur dan konten saat Anda membayar, dalam hal ini mereka mematok harga $9,99 per bulan untuk berlangganan.

Jika Anda menyukai versi gratisnya, mungkin layak untuk meningkatkan ke langganan berbayar karena semua manfaat tambahannya. Mereka termasuk akses ke fitur premium di aplikasi seluler Photoshop Express (iOS dan Android); Adobe Spark Video (iOS) untuk tayangan slide video; Adobe Spark Page (iOS) untuk penerbitan web cepat; dan Adobe Premiere Rush, aplikasi seluler dan desktop untuk merekam, mengedit, dan berbagi video. Selain itu, Anda mendapatkan akses ke Creative Cloud Libraries, penyimpanan online 100GB, semua template premium, stok foto (160 juta), font, dan alat branding.

Menggunakan Adobe Creative Cloud Express untuk Spin

Secara desain, seharusnya sangat mudah menggunakan Creative Cloud Express. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan browser web baik di PC desktop atau perangkat seluler. Untuk mengakses aplikasi, Anda membuat atau masuk ke akun Adobe. Anda dapat melakukan semuanya di browser web, tetapi ada juga aplikasi yang tersedia di Apple App Store, Google Play, dan aplikasi Microsoft Store untuk Windows, yang semuanya hanya meniru versi web.

Aset Banyak

Anda tentu tidak harus bekerja dari template jika Anda merasa terlalu membatasi, seperti yang saya lakukan. Terkadang lebih cepat untuk memulai dari awal daripada menghabiskan waktu untuk mengubah dan membatalkan sekumpulan konten yang sudah ada. Selain kategori template yang disebutkan di atas, Express tidak memiliki kekurangan aset untuk Anda mainkan. Berikut adalah tombol kategori di sebelah kiri browser dan beberapa item di setiap pilihan:

Di bawah tombol Teks adalah gaya teks yang sempurna untuk posting sosial, logo, gaya musiman, salinan isi, tanda, label, dan kutipan. Anda juga dapat menambahkan milik Anda sendiri.

Berikutnya adalah Foto, yang dibagi menjadi beberapa bagian yang terinspirasi oleh kesehatan, musim, orang, latar belakang, perjalanan, dan hewan peliharaan. Gambar gratis disertakan.

Setelah mengklik tombol Ikon, Anda harus memasukkan kata di bidang pencarian. Saya memasukkan “lebah” dan menemukan ratusan gambar hitam putih yang bagus.

Mengklik aset Desain memberi Anda lebih banyak barang, termasuk kategori untuk grup efek, ilustrasi, kuas, bingkai. Setiap kategori memiliki beberapa subkategori yang bagus untuk inspirasi lebih lanjut. Bahkan, saya terdorong untuk mencoba lagi, kali ini dari awal—saya bahkan menganimasikan teksnya.

Menemukan Kenyamanan dalam Keakraban

Anda mungkin lega mengetahui bahwa, tidak seperti beberapa aplikasi berbasis web, perintah yang terkubur dalam memori otot Anda karena Anda menggunakannya sepanjang waktu diterjemahkan dengan mulus ke aplikasi web ini. Bagi saya, tombol nudge (tombol panah) sangat diperlukan seperti pintasan keyboard undo, dan keduanya ada di Express. Tombol hapus dan perintah kunci untuk menggeser juga berfungsi. Namun, beberapa penekanan tombol populer tidak, seperti salin dan tempel.

Tipografi Bergerak dan Lainnya

Fitur animasi teks sederhana, agak mirip dengan yang ada di PowerPoint dan Keynote, sangat menarik. Di bawah tombol Animation di sebelah kanan jendela adalah Typewriter, Dynamic, Flicker, Color shuffle, Fade, dan Slide. Setiap opsi memiliki dua atau tiga sub-opsi.

Juga dapat dianimasikan (semacam) adalah foto. Di bagian bawah panel Animasi Anda menemukan Zoom, Pan, Grey, Blur, Color, dan Fade. Ini sebenarnya tidak menganimasikan foto Anda dalam pengertian tradisional. Sebaliknya, mereka mengubah atau memindahkan seluruh foto, mengingatkan pada efek Ken Burns yang terkenal. Sayangnya, Anda hanya dapat menggunakan satu efek animasi—tidak ada yang menggabungkannya untuk saat ini.

Opsi Video dan halaman Web sebagian besar sama seperti di bawah moniker Spark, meskipun sekarang dengan penambahan alat baru yang eksplisit untuk mengubah ukuran, memangkas, menggabungkan, memotong, dan mengubah kecepatan video dan konversi yang sangat praktis ke MP4 atau opsi GIF.

Saya telah menjadi penggemar Adobe Spark Page, sejak diluncurkan tahun 2015. Saya telah menggunakannya secara profesional untuk klien yang menginginkan halaman web gulir tambahan sederhana dan yang tidak keberatan dengan URL Adobe yang tidak dapat dinegosiasikan yang menyertainya. Solusi saya adalah menyembunyikan URL di bawah tombol hyperlink untuk akses pengguna yang nyaman. Meskipun fitur tipografi dan animasi terbatas, tampilan luncur bergulir Express dan efek foto dinamis lainnya masih memungkinkan Anda membuat dan menceritakan kisah yang menggugah dengan cukup mudah. Dengan versi berbayar, Anda dapat menyimpan, mengelola, dan berbagi aset dasar beberapa merek, seperti logo, palet warna dengan kode hex, dan tipografi.

Kelebihan dan Kekurang Adobe Creative Cloud Express

Kelebihan

  • Fluid Template dan Aset Yang Banyak
  • Fitur pengeditan gambar dan video yang kuat dan berguna
  • Kemampuan konversi file
  • Termasuk penyimpanan cloud 2GB (gratis) dan 100GB (versi berbayar)

Kekurangan

  • Tidak intuitif pada awalnya jika Anda terbiasa dengan aplikasi Creative Cloud Desktop
  • Menu tak terduga muncul setelah tindakan tertentu
  • Tidak ada fungsi baru dalam kategori halaman web (sebelumnya Spark Page)

Kesimpulan

Ditujukan untuk non-desainer, Adobe Creative Cloud Express adalah alat berbasis template yang mampu dan ramah untuk membuat konten online yang menarik dengan cepat. Jika Anda sudah menjadi pengguna Creative Cloud, antarmuka dan operasi mungkin terasa agak asing pada awalnya, dan Anda tidak dapat mengaksesnya dari aplikasi Creative Cloud Anda.